Tips Membangun Personal Branding Melalui Sosial Media

Selain peralatan memadai dan konsep ide yang matang, ada satu hal lagi yang perlu dimiliki oleh para kreator konten, yaitu personal branding. Tanpa adanya personal branding, maka konten yang dibikin bisa jadi kurang otentik dan sosial media kamu jadi kurang menarik.

Namun bagaimana sih cara untuk meningkatkan personal branding yang baik agar sosial media yang dimiliki bisa memiliki konten yang seru dan menarik? Simak di bawah ini ya.

Memperkenalkan Diri dengan Nama yang Sama di Semua Platform

Salah satu hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan personal branding adalah nama. Netizen yang tertarik dengan konten di sosial media pun akan memperhatikan nama kreator.

Untuk semakin meningkatkan personal branding, gunakan nama yang sama di setiap sosial media. Hal ini berguna untuk memudahkan pencarian sekaligus meningkatkan brand awareness dari konten yang dibikin.

Membaharui Profil Sosial Media Sesuai Persona Diri Secara Konsisten

Setelah nama yang digunakan sudah mulai dikenal, maksimalkan semua sosial media yang kamu miliki dengan memberikan deskripsi yang menarik pada kolom profil. Hal ini perlu dilakukan agar akun sosial media memiliki persona yang kuat.

Satu tips jika kebingungan dalam mengisi deskripsi di kolom profil adalah menyesuaikan kalimat yang mudah diingat oleh warganet. Jika para warganet tertarik dengan deskripsi profil kamu, bukan tak mungkin mereka akan scroll ke bawah untuk mencari konten yang kamu bikin.

Pilih Target Audiens Secara Mengerucut

Sering muncul pertanyaan tentang mengapa konten yang dibikin dengan penuh perjuangan malah kurang mendapatkan impresi yang bagus. Bisa jadi hal ini diakibatkan oleh konten yang dibikin kurang relevan dengan target audiens.

Di sinilah pentingnya membuat target audiens semakin spesifik dan mengerucut. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan cara membuat perkiraan rentang usia, media perilisan yang digunakan, serta waktu dirilisnya konten yang dibikin. Setelah itu baru dikombinasikan target audiens dengan promosi lewat sosial media pribadi yang telah memiliki persona.

Membuat Strategi Dalam Tiap Konten

Sudah menjadi pemandangan yang jamak ketika seorang selebgram membuat konten live via Twitch dan YouTube, atau para Youtuber yang membuat konten spesial untuk diunggah di Instagram. Strategi semacam ini menjadi salah satu strategi yang diterapkan untuk meningkatkan personal branding.

Strategi yang diciptakan bisa sekaligus mempromosikan sosial media lainnya yang dimiliki. Bentuknya pun bermacam-macam, seperti main game online, review, atau sebatas interaksi bareng para warganet lainnya.

Mendekatkan Diri dengan Para Audiens

Jika media sosial dan konten yang dibikin sudah dikemas dengan baik, langkah berikutnya yang terkadang sering dilewatkan adalah interaksi dengan para audiens. Cara ini termasuk ampuh dalam meningkatkan personal branding karena mayoritas warganet menyukai interaksi di sosial media dengan para selebritis dan kreator konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.