Berbagai Fungsi Lain dari Microwave Oven Selain Menghangatkan Makanan

Microwave oven tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan makanan atau hanya sekedar membuat popcorn, namun terdapat banyak fungsi lain yaitu mulai dari mengembangkan adonan sampai membuat keripik. Selain dapat menghangatkan makanan dengan cepat, microwave oven juga dapat digunakan unuk memasak dan mensterilkan spons cuci piring. Lho kok bisa? Tentu sangat bisa, untuk jelasnya, yuk ikuti ulasan berikut ini!

  1. Memasak Ikan

Memasak ikan di microwave oven berbeda dengan daging steak yang akan menjadi keras. Caranya adalah bungkus ikan yang telah dibumbui dengan plastic microwave-safe, kemudian masukkan ke dalam microwave oven, lalu masak selama 2 menit dengan suhu tinggi. Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan tergantung pada kekuatan microwave serta ukuran dan bentuk fillet. Selalu awasi prosesnya agar tidak gosong.

  1. Membuat Keripik Kentang

Dengan microwave oven, kamu bisa membuat keripik kentang yang lebih sehat tanpa harus menggorengnya. Kamu hanya perlu mengiris-ngiris tipis kentang, kemudian masukkan ke dalam microwave.

  1. Mengukus Sayuran

Microwave oven dapat digunakan untuk memasak dengan cepat, termasuk untuk mengukus sayuran. Semakin lama makanaa dimasak dan semakin panas suhunya, maka nutrisi dari makanan tersebut semakin banyak yang hilang. Karenanya, penggunaan alat ini dinilai lebih sehat dan lebih praktis disbanding memasak dengan kukusan biasa.

  1. Melunakkan Gula Merah

Proses melunakkan gula merah atau brown sugar memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun, kamu bisa melunakkannya dengan mudah pada microwave oven. Kamu cukup meletakkan gula merah dalam mangkuk dan masukkan ke dalam microwave oven selama 30 detik, dan kamu pun bisa segera menggunakan gula tersebut untuk membuat kue.

  1. Sebagai Tempat Mengembangkan Adonan

Microwave Oven bisa menjadi tempat yang ideal untuk mengembangkan adonan menggunakan ragi. Caranya adalah dengan memanaskan secangkir air dalam microwave hingga beruap, lalu matikan, masukkan adonan bersama secangkir air tersebut. Tutup microwave, sehingga kelembaban dan panasnya terjaga di dalam.

  1. Mensterilkan Spons Cuci

Spons cuci setelah digunakan akan lembab dan rentan menjadi sarang bakteri atau kuman. Namun jangan khawatir kamu bisa mnesterilkannya dengan microwave oven. Caranya adalah dengan meletakkan spons basah ke dalam microwave oven, simpan dalam suhu tinggi selama 2 menit. Dengan metode ini sebanyak 99 % bakteri atau kuman dapat mati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.