5 Manfaat Konsumsi Buah Duku untuk Kecantikan dan Kesehatan

Indonesia punya banyak buah-buahan tropis yang unik rasa dan penampilannya. Beberapa di antaranya bisa berharga mahal jika dipasarkan di luar negeri. Misalnya saja duku. Buah dengan nama ilmiah Lansium domesticum var. duku ini masih bersaudara dengan langsep atau langsat (L. domesticum var. domesticum). Rasanya manis, asam, dan sedikit sepat.

Buah duku memang sedap disantap. Namun buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Simak sederet manfaatnya seperti dilansir dari laman Steemit (9/3/2021) berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan itu berfungsi menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia lewat polusi dan zat beracun.

2. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu efek negatif radikal bebas adalah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam buah duku bisa melindungi tubuh protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan akibat polusi atau racun.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah duku juga mengandung vitamin E. Vitamin ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti menjaga kelembapan kulit, membantu menyembuhkan luka, dan menjaga kulit dari sinar UV.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah duku sangat kaya vitamin C yang dibutuhkan setiap tubuh orang untuk menjaga kesehatan. Kandungan pada vitamin C pada buah ini berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

5. Menurunkan Berat Badan

Buku duku tidak disangka bisa membantu menurunkan berat badan. Buah ini mengandung karnitin yang berfungsi mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Jika kandungan karnitin berkurang, akan terjadi penumpukan lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.