4 Tips Bijak Membeli Barang dengan Sistem Mencicil

Membeli barang dengan sistem mencicil memang sangat memudahkan banyak orang. Dengan mencicil pembayaran, kamu bisa mendapatkan barang berharga tinggi dengan harga yang lebih bisa dijangkau. Apalagi saat ini kamu juga tidak hanya bisa mencicil dengan kartu kredit saja karena sudah tersedia sistem pembayaran cicilan lainnya seperti dengan aplikasi cicilan non kartu kredit ataupun melalui pinjaman online tanpa agunan. Meski demikian, bukan berarti kamu menjadi mudah tergiur dan justru menumpuk cicilan sehingga membuatmu menjadi terbebani. Nantinya, bukannya beruntung karena bisa memiliki barang tersebut tetapi justru ‘buntung’ karena seluruh pendapatan habis hanya untuk menutup cicilan.

Untuk itu, berikut beberapa tips bijak yang perlu menjadi pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang dengan sistem cicilan. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang dengan mencicil, cobalah untuk melihat apakah barang tersebut memang dibutuhkan dan memiliki nilai produktif atau hanya sekadar untuk konsumtif saja. Maksud dari memiliki nilai produktif yaitu barang yang dibeli tersebut dapat memberikan nilai ekonomis dan manfaat pada keuanganmu. Misalnya laptopmu sudah seringerror, lalu kamu membeli laptop dengan spesifikasi yang lebih baik sehingga dapat mendukung pekerjaan dan menjadi modal usaha, maka berarti laptop tersebut memiliki nilai produktif untukmu.

Sebaliknya, ketika kamu memutuskan membeli laptop secara mencicil hanya dengan tujuan untuk gengsi atau hanya ingin saja padahal laptop yang lama masih mumpuni, maka barang tersebut menjadi barang konsumtif semata yang nantinya cicilannya hanya akan menjadi beban lebih untukmu. Jadi, jangan sampai kamu terjebak sehingga harus berutang dan membayar cicilan untuk sesuatu yang tidak penting dan tidak mendesak. Ketika kamu sudah memutuskan untuk mendapatkan sesuatu dengan sistem cicilan, pastikan beban yang harus dibayarkan tersebut sudah disesuaikan.

Umumnya, para financial planner menyarankan agar cicilan utang yang dimiliki maksimal adalah 30% dari penghasilan bulanan yang dimiliki. Hal ini penting dilakukan agar meskipun memiliki cicilan, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan utama lainnya dengan baik. Selain itu, sesuaikan dan perhatikan pula lama tenor pinjaman atau pembayaran serta persentase bunga dari cicilan tersebut karena akan menjadi bagian dari alokasi kamu dalam mengatur keuangan selama masa cicilan tersebut berlangsung. Hal ini penting agar beban cicilan milikmu tidak menumpuk dan membengkak sehingga membuatmu terlilit cicilan. Belum lagi tambahan denda yang harus dibayarkan ketika kamu terlambat membayar cicilan.

Membayar kewajiban tepat waktu menjadi aksi finansial sederhana yang dilakukan dan bisa mengubah hidup. Jadikan cicilan sebagai prioritas pertama untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang bertanggung jawab. Hal bijak yang juga perlu dicermati ialah memastikan bahwa kamu menggunakan layanan pembiayaan yang sudah terpercaya. Pastikanlah bahwa layanan penyedia cicilan atau pembiayaan yang kamu pilih sudah terjamin aman serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu layanan pembiayaan yang sudah terjamin dan bisa kamu pilih ialah . Perusahaan pembiayaan multiguna berbasis teknologi ini merupakan salah satu perusahaan yang cukup diperhitungkan di Indonesia sekaligus menjadi partner berbelanja pelanggan yang aman, mudah, dan terpercaya. Saat ini, selain memberikan layanan pembiayaan bagi para pelanggan untuk berbelanja barang kebutuhan baik secara online maupun offline , Perusahaan juga memiliki produk pembiayaan multiguna dengan menggunakan kartu yaitu Home Credit Card, serta fasilitas lainnya guna mendukung gerakan nasional non tunai yaitu Home Credit Pay, dan juga Home Credit BayarNanti yang bekerja samaco branding dengan penyelenggara uang elektronik.

Selain terpercaya dan memudahkan kamu, di bulan Februari ini juga menjadi bulan spesial karena dalam rangka anniversary ke 8, Perusahaan bagi bagi rejeki lewat yang membuat kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. Gero8ak (atau Gerobak) adalah gerobak pindahan yang sering digunakan para penyanyi dangdut jalanan untuk membawa pengeras suara. Budaya dangdut ini sangat umum di masyarakat Indonesia, dan kami gabungkan dengan Rejeki sebagai simbol berkah. Pada kegiatan ini pelanggan bisa mengikuti challenge dengan cara mengumpulkan 4 bagian puzzle yang akan dibagikan selama 3 minggu pada 4 25 Februari. Nantinya, keempat puzzle ini akan membentuk sebuah kalimat dengan tulisanHome Credit 8 Tahun. Nah, 88 peserta tercepat dan 8top spender selama periode kompetisi akan mendapatkan hadiah dengan total nilai hadiah kompetisi lebih dari Rp30 juta!

Untuk bisa ikutan kompetisi dan mendapatkan hadiahnya, kamu bisa segera install Aplikasi dan bikin akun dan/atau mengaktifkan akunH . Semakin sering bertransaksi menggunakan dan/atau ,maka semakin besar kesempatan untuk mengumpulkan empat puzzles tersebut. Tidak hanya untuk para pelanggan, di anniversary ke 8 ini, Perusahaan juga turut mengadakan kegiataninternaluntuk para karyawannya untuk memberikan apresiasi atas kontribusi yang telah diberikan selama ini. Jadi, jangan sampai melewatkan keceriaan dan keistimewaan bulan Februari tahun ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.